You are currently viewing Bank NTT Teken MoU dengan Pemkab Malaka

Bank NTT Teken MoU dengan Pemkab Malaka

POS-KUPANG.COM,KUPANG – PT Bank Pembangunan Daerah Nusa Tenggara Timur (BPD NTT) atau Bank NTT teken Memorandum of Understanding (MoU) dengan Pemerintah Kabupaten Malaka.

Penandatanganan Nota dan Kesepakatan Bersama antara Pemerintah Kabupaten Malaka dengan PT BPD NTT tentang Penyediaan Layanan Perbankan Pengelolaan Keuangan Pemerintah Kabupaten Malaka pada PT BPD NTT Cabang Betun pada Selasa 17 Mei  2022.

Prioritas utama Bank NTT adalah bagaimana kontribusi kepada pemerintah provinsi, kota dan kabupaten se-NTT sehingga sebagai The Agen of Development dan salah satu misi kita yaitu meningkatkan PAD bagi semua daerah dalam hal ini Kabupaten Malaka bisa memenuhi harapan-harapan semua Stakeholder.

Oleh karena Bank NTT siap dalam  lingkup kerja sama kali ini selain membantu program-program pemerintah kabupaten dalam tata kelola keuangan tapi juga hal-hal lain yang berkaitan dengan program-program pembangunan ekonomi keuangan di Kabupaten Malaka.

Untuk meningkatkan PAD baik dari sembilan retribusi maupun potensi-potensi lain seperti akses spot pariwisata atau membantu memperlancar pungutan retribusi dan sekarang sedang berproses untuk penerbitan e-money dengan harapan nantinya bisa membantu pemkab Malaka untuk membantu untuk pengaturan sumber-sumber galian C sehingga mudah,murah,cepat,aman dan handal itu benar-benar diyakini secara valid dan akuntabel.

Kemudian retribusi parkiran menjadi salah satu pendongkrak PAD di kabupaten Malaka dan pertumbuhan ekonomi yang memberikan potensi luar biasa.

Namun hal ini juga menjadi pekerjaan rumah bersama Bank NTTPemkab Malaka dan OPD terkait sosialisasi dan edukasi dan juga Service excellent dari parkiran itu.

“Jadi, masyarakat pasti akan puas kalau tidak saling memungut retribusi tetapi juga memberikan imbalan pelayanan parkiran baik di pusat aktivitas ekonomi maupun tempat-tempat ibadah, pendidikan dan tempat-tempat wisata,”ungkap Dirut Bank NTT, Harry Alexander Riwu Kaho dalam sambutannya di Aula lantai 5 Kantor Pusat Bank NTT.

Pada kesempatan ini juga Bupati Malaka, Simon Nahak, mengucapkan terima kasih kepada Bank NTT karena bersedia mendukung semua aktivitas pemkab Malaka.

“Jujur saat ini juga Malaka cukup berkembang dengan pesat karena ada kegiatan-kegiatan ekonomi yang tumbuh dan berkembangnya dari rakyat sehingga kami melihat potensi itu kemudian dikembangkan karena ini spontan,”pungkas Simon.

Menurut Bupati Malaka, Simon Nahak, adanya wadah untuk kegiatan-kegiatan ekonomi ini mendapat respon yang cukup banyak dari masyarakat yang diberikan kebebasan untuk berinovasi.

Harry menambahkan, hingga periode Mei 2022 kinerja Bank NTT menunjukan trend positif walaupun masih dalam transisi dan transmisi melandainya pandemi Covid-19 dan mulai pulihnya aktivitas ekonomi bahkan adanya inflasi yang tinggi yang mana bertepatan dengan hari raya keagamaan. 

Lanjut Harry, salah satu penyebab inflasi ialah tingginya biaya transportasi, beberapa komoditi di pasar mengalami lonjakan harga yang cukup tinggi dan kebutuhan keseharian.

“Mudah-mudahan di sisa waktu yang ada ini,tim pengendali inflasi daerah mampu untuk mengintervensi kondisi ini sehingga inflasi tidak terlalu tinggi namun aktivitas ekonomi boleh kembali bergairah dan pulih,” terangnya.

Melihat kondisi ini, kinerja Bank NTT di hari ke-17 Mei 2022 laba terus mengalami trend peningkatan dan semua operasional bisa berjalan normal dan sehat.

Sesuai dengan hasil assesment Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dalam dua periode, tingkat Kesehatan Bank NTT dari waktu yang cukup lama kini menjadi cukup sehat sehingga aktivitas semakin bertambah dan beradaptasi dengan perkembangan digitalisasi.

OJK sudah mengijinkan kita untuk full digitalisasi. Secara bertahap dan sesuai kemampuan modal dan perkembangan kinerja keuangan akan kita sesuaikan dengan layanan digitalisasi.(cr16)



Artikel ini telah tayang di Pos-Kupang.com dengan judul Bank NTT Teken MoU dengan Pemkab Malaka, https://kupang.tribunnews.com/2022/05/17/bank-ntt-teken-mou-dengan-pemkab-malaka?page=2.

Tinggalkan Balasan