Januari 17, 2022

BPKPD MALAKA

PEMERINTAH DAERAH KAB. MALAKA

BUPATI MALAKA PUJI TIGA PIMPINAN OPD YANG SUKSES JALANKAN AMANAH

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Edi Hayong

POS-KUPANG.COM, BETUN—Bupati Malaka, Dr. Simon Nahak, S.H,MH memberi apresiasi dan pujian buat tiga pimpinan Organisasi Perangkat Daerah ( OPD) yang sukses menjalankan amanah yang diberikan.

Ketiga pimpinan OPD tersebut yakni, Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Pendapatan Daerah (BPKPD) Malaka, Aloysius Payong, S.H,MM, Inspektur Inspektorat Malaka, Remigius Leki dan Kepala Dinas Perhubungan Malaka, Ferdy Un Muti.

Amanah yang diberikan kepada ketiga pimpinan OPD ini berupa terealisasinya lampu penerangan jalan umum (PJU), dihadirkannya traffic light sebagai kado Natal dan penyelamatan uang negara dari dugaan korupsi dana desa di Malaka.

Bupati Malaka, Simon Nahak menyampaikan hal ini disela-sela acara launching penyalaan lampu PJU di Betun, Ibu kota Kabupaten Malaka, Kamis (23/12/2021) malam.

Simon Nahak menegaskan, sejak dilantik bersama Wakil Bupati, Louise Lucky Taolin memimpin Malaka, sudah bertekad membuat perubahan di wilayah yang berbatasan dengan Timor Leste ini.

Dalam program 100 hari kerja, kata Simon, dirinya menugaskan kepada tim Inspektorat untuk melakukan audit terhadap penggunaan dana desa. Hasilnya cukup menggembirakan dimana uang negara berhasil diselamatkan.

Kemudian, katanya, sesuai program kerja memperindah ibukota kabupaten di Betun kini sudah terealisasi dengan hadirnya lampu PJU serta traffic light.

“Saya perlu berikan apresiasi dan kesuksesan yang telah dibuat tiga pimpinan OPD. Terima kasih buat Pak Alo (Kepala BKPD), pak Remi (Inspektur Inspektorat) dan Pak Ferdi (Kadis Perhubungan). Ini kerja bersama yang luar biasa dan kita patut

memberi apresiasi,” kata Bupati Simon disambut tepuk tangan undangan yang hadir. Bupati Simon menilai ciri khas sebuah ibu kota kabupaten sewajarnya memiliki lampu penerangan jalan. Kota Betun sebagai pusat kabupaten dan pusat pemerintahan tentu sepatutnya menjadi skala prioritas, sebelum dipasang ke kecamatan terdekat.

“Betun ini menjadi pusat seluruh aktifitas baik kegiatan birokrasi, sosial, ekonomi. Kenapa sekarang masih Malaka Tengah karena ini pusat pemerintahan. Kita tidak terapkan diskriminasi pelayanan,” tegas Simon.

Dirinya menilai saat ini Kota Betun telah memasuki masa “Habis Gelap Terbitlah Terang”. Apa yang dikerjakan ini merupakan realisasi dari janji program yang sudah disampaikan beberapa waktu lalu.

“Kami tidak cuma retorika tetapi ada realitas di lapangan. Lampu PJU ini dipasang harus ada manfaatnya terutama malam hari. Ini juga menghindari kriminalitas. Kita alokasi anggaran keluar tentu sudah dengan pertimbangan yang matang soal bagaimana pemasukan buat PAD,” jelas Simon.

Kepala BKPD Malaka, Aloysius Payong dalam laporannya menegaskan, pemasangan Lampu Penerangan Jalan sebagai salah satu prioritas daerah.

Hal ini dilandasi pertimbangan bahwa pemasangan Lampu PJU sebagai upaya pemenuhan hak masyarakat Malaka, karena masyarakat telah memenuhi kewajiban membayar pajak penerangan jalan, sebagai wujud kontribusi nyata masyarakat dalam pembangunan daerah.

Juga mendukung aktifitas perekonomian masyarakat, terutama pada malam hari, dalam mendukung pertumbuhan ekonomi daerah.

Mereduksi atau mengurangi terjadi kerawanan sosial dalam wilayah Kota Betun dan sekitarnya, seperti, pencurian dan gangguan kamtibmas lainnya. Termasuk mendukung upaya terwujudnya Betun, sebagai salah satu kota perbatasan yang maju, aman, indah dan berdaya saing.

Wakil Ketua I DPRD Malaka, Devi Hermin Ndolu mengapresiasi atas kerja pemerintah Malaka yang telah membuat perubahan di daerah ini. Terkait launching lampu PJU tentu ini hal positif sehingga membuat ibu kota kabupaten terang benderang dan maju kedepannya.

“Memang selama ini ada polemik dan bagi saya itu sebuah dinamika. Lembaga dewan sangat mendukung tekad pemimpin daerah ini untuk mencapai apa yang sudah ada dalam RPJMD. Ini sebuah bentuk kerjasama yang baik antara pemerintah dan DPRD Malaka,” tegas politisi PDIP ini.

Devi meminta Bupati, Wabup serta jajaran pemerintah Malaka untuk tidak terpancing dengan isu-isu yang menciptakan keresahan. Dewan akan dukung penuh bilamana tekad pemerintah berbuat yang terbaik untuk Renu Rai Malaka tercinta.

“Pesan saya, setelah lampu PJU ini sudah terpasang dan telah dilaunching, kedepan perlu dipikirkan soal pemeliharaan dan terobosan dalam upaya peningkatan PAD. Saya ini ini sudah kado Natal terindah dari Pemda Malaka untuk warga Malaka,” ujar Devi.(*)

Artikel ini telah tayang di Pos-Kupang.com dengan judul Bupati Malaka Puji Tiga Pimpinan OPD yang Sukses Jalankan Amanah , https://kupang.tribunnews.com/2021/12/26/bupati-malaka-puji-tiga-pimpinan-opd-yang-sukses-jalankan-amanah?page=2.
Penulis: Edy Hayong | Editor: Kanis Jehola

Sumber : https://kupang.tribunnews.com/2021/12/26/bupati-malaka-puji-tiga-pimpinan-opd-yang-sukses-jalankan-amanah