Oktober 26, 2021

BPKPD MALAKA

PEMERINTAH DAERAH KAB. MALAKA

PEMKAB MALAKA KEMBALI RAIH OPINI WTP TERHADAP LKPD TA 2020

POS-KUPANG.COM | BETUN Pemerintah Kabupaten Malaka ( Pemkab Malaka) kembali meraih Opini Wajar Tanpa Pengecualian (  Opini WTP) untuk tahun kedua setelah pada 2019 lalu meraih WTP atas kinerja pengelolaan keuangan.

Penerimaan laporan hasil pengelolaan keuangan daerah tahun anggaran 2020 ini diserahkan pihak BPK RI Perwakilan NTT di Kupang diterima Sekda Malaka mewakili Pemkab Malaka, Donatus Bere, S.H.

Donatus Bere kepada Pos-Kupang dari Kupang usai kegiatan di BPK RI Perwakilan NTT didampingi
Kepala Badan Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (PPKAD) Kabupaten Malaka, Aloysius Payong mengapresiasi terhadap penilaian yang transparan dan akuntabel dari Lembaga Keuangan ini.

Bagi Pemkab Malaka, lanjut Donatus, ini merupakan prestasi yang sangat bagus setelah penilaian pengelolaan anggaran tahun 2019 meraih WTP perdana dan tahun 2020 inipun kembali meraih Opini WTP.

“Saya yang terima langsung mewakili Pemkab Malaka dan ini merupakan tahun terakhir saya terima karena sebentar lagi akan memasuki purna tugas. Saya bersama seluruh OPD akan bekerja keras agar pada pengelolaan anggaran tahun  2021 juga meraih Opini WTP,” kata Donatus.

Dirinya mengakui bahwa penilaian terhadap pengelolaan anggaran 2020 ini masih dalam tahun berjalan masa kepemimpinan Bupati Malaka sebelumnya, dr. Stefanus Bria Seran, MPH atau SBS.

Sebelumnya diberitakan, berkenaan dengan prestasi yang diraih atas kinerja pengelolan keuangan tahun 2019 yang dinilai baik melalui Opini Wajar Tanpa Pengecualian ( WTP), Pemerintah Kabupaten Malaka mendapat reward dari Pemerintah Pusat.

Reward dari Pempus melalui Kementrian Keuangan ini berupa pemberian Dana Insentif Daerah (DID)
senilai Rp 39,9 Miliar yang nanti dianggarkan dalam APBD tahun 2021.

Sekertaris Daerah (Sekda) Malaka, Donatus Bere, S.H didampingi Kepala Badan Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (PPKAD) Kabupaten Malaka, Aloysius Payong dan Kepala Inspektur Kabupaten Malaka, Agustinus Remigius Leki, S.Kom, menyampaikan ini kepada Wartawan di Betun, Jumat (2/10/2020).

Sekda Donatus mengakui Pemkab Malaka mendapat reward atau penghargaan dari pemerintah pusat karena kinerja pengelolan keuangan tahun 2019 yang dinilai baik.

Pemkab Malaka mendapat reward dari Pempus DID Rp 39,9 Miliar yang nanti dianggarkan dalam APBD tahun 2021.

Salah satu indikatornya adalah opini WTP yg diberikan BPK RI perwakilan provinsi NTT, terhadap LKPD kabupaten Malaka tahun 2019. Pencapaian ini tentu membanggakan segenap komponen baik pemerintah, DPRD dan tentu masyarakat Malaka.

Dikatakan Donatus, sebagai Daerah Otonom, Kabupaten Malaka yang baru berumur 7 tahun yaitu berdiri pada tahun 2013, dibawah kepemimpinan Bupati defenitif Perdana dr. Stefanus Bria Seran, MPH, dengan dukungan DPRD dan semua organisasi perangkat daerah, Kabupataen Malaka berhasil meraih prestasi yang membanggakan dalam hal pengelolaan keuangan daerah.

“Reward ini akan semakin memotivasi semua pihak, untuk berkomitmen mempertahakan opini WTP pada tahun-tahun mendatang. Tambahan anggaran berupa DID dari Pempus tersebut tentu sangat berarti untuk ukuran Kabupaten Malaka yang PAD nya baru mencapai Rp 56 Miliar. Anggaran tersebut akan digunakan secara baik sesuai ketentuan,” ujar mantan Kabag Humas Setda Belu ini.

Terhadap reward tersebut, lanjut Donatus, sudah selayaknya Pemkab Bersama DPRD dan segenap masyarakat menyampaikan terima kasih kepada Pempus dalam hal ini Kemendagri dan Kemenkeu, BPK RI Perwakilan Provinsi NTT dan Pemprov NTT yang senantiasa melakukan pendampingan dan rekomendasi perbaikan kepada Pemkab Malaka.(Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Edy Hayon



Artikel ini telah tayang di Pos-Kupang.com dengan judul Pemkab Malaka Kembali Raih Opini WTP Terhadap LKPD TA 2020, https://kupang.tribunnews.com/2021/06/18/pemkab-malaka-kembali-raih-opini-wtp-terhadap-lkpd-ta-2020.
Penulis: Edy Hayong | Editor: Kanis Jehola